07.41

Tinjauan Pembelajaran Berbasis ICT

Diposting oleh Matematika Mobile Learning

Information and Communication Technology (ICT) dalam The Dictionary of Computers, Information Processing and Telecommunications (Hariyadi, 1993: 253, dalam Ardroni), menyatakan ICT sebagai Teknologi pengadaan, pengolahan, penyimpanan, dan penyebaran berbagai jenis informasi dengan memanfaatkan komputer dan telekomunikasi yang lahir karena adanya dorongan-dorongan kuat untuk menciptakan teknologi baru yang dapat mengatasi kelambatan manusia mengolah informasi. Dalam sumber yang berbeda Fitrihana (2007), menyatakan bahwa ICT merupakan sistem atau teknologi yang dapat mereduksi batasan ruang dan waktu untuk mengambil, memindahkan, menganalisis, menyajikan, menyimpan dan menyampaikan informasi data menjadi sebuah informasi.

Untuk mencapai mutu pendidikan di era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi dan komunikasi (ICT) merupakan media pendidikan yang paling interaktif. Ada lima perspektif yang bisa dilihat dalam peranan ICT dalam perannya sebagai media pembelajaran (Clark, 1996), yaitu.

  1. media sebagai teknologi
  2. media sebagai alat atau tutor atau guru
  3. media sebagai agen sosialisasi
  4. media sebagai motivator untuk belajar, dan
  5. media sebagai alat mental untuk berpikir dan memecahkan masalah
Secara umum, penggunaan ICT dalam pendidikan dideskripsikan sebagai berikut.
  1. ICT sebagai objek pembelajaran yang kebanyakan terorganisir sehingga apa yang dipelajari tergantung pada bentuk pendidikan dan level siswa. Pendidikan ini mempersiapkan siswa untuk menggunakan ICT dalam pendidikan, keterampilan masa depan dan dalam kehidupan sosial.
  2. ICT sebagai ”alat bantu (tool)”, yaitu digunakan sebagai alat, misalnya ketika membuat tugas-tugas, mengumpulkan data, dan dokumentasi dan melaksanakan penelitian. Umumnya ICT digunakan dalam memecahkan permasalahan secara independent.
  3. ICT sebagai medium proses pembelajaran, di mana guru dapat mengajar dan murid dapat belajar.
Manfaat ICT bagi siswa yaitu.
  1. Mendorong siswa belajar sendiri secara cepat, sehingga meningkatkan pengetahuan, belajar berinteraksi dan mengembangkan kemampuan di bidang penelitian.
  2. Siswa dapat lebih jelas memahami materi yang telah disampaikan oleh guru karena disertai gambar dan ada animasi yang menarik.
  3. Siswa dapat berlatih soal dengan memanfaatkan uji kompetensi.
  4. Dapat memperkaya diri siswa dalam meningkatkan komunikasi dengan siswa lain dan meningkatkan kepekaan akan permasalahan yang ada di seluruh dunia.
  5. Mengetahui dan mengikuti perkembangan materi dan info-info lain yang berhubungan dengan bidang studi.
  6. Membantu siswa dalam mempelajari materi secara individu selain di sekolah.
Berdasarkan manfaat ICT terhadap guru, siswa maupun sebagai sumber bahan, terlihat bahwa dengan memanfaatkan ICT sebagai media pendidikan dapat meningkatkan kualitas pendidikan baik kualitas guru, siswa maupun bahan ajar. Berbagai pendapat pakar dari berbagai disiplin ilmu sepakat bahwa kehadiran teknologi baru seperti internet dan lain-lain akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Namun perlu disadari bahwa kehadiran teknologi tersebut di sekolah juga menimbulkan masalah baru apabila sekolah tidak siap. Masalah tersebut antara lain: sarana di sekolah belum memadai, keterbatasan biaya dan tenaga operasional, kepala sekolah dan guru kurang sadar akan pentingnya media pendidikan, beban orang tua siswa lebih berat, kondisi keamanan sekolah kurang memadai, guru merasa terbebani karena harus menyiapkan media pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar