Information and Communication Technology (ICT) dalam The Dictionary of Computers, Information Processing and Telecommunications (Hariyadi, 1993: 253, dalam Ardroni), menyatakan ICT sebagai Teknologi pengadaan, pengolahan, penyimpanan, dan penyebaran berbagai jenis informasi dengan memanfaatkan komputer dan telekomunikasi yang lahir karena adanya dorongan-dorongan kuat untuk menciptakan teknologi baru yang dapat mengatasi kelambatan manusia mengolah informasi. Dalam sumber yang berbeda Fitrihana (2007), menyatakan bahwa ICT merupakan sistem atau teknologi yang dapat mereduksi batasan ruang dan waktu untuk mengambil, memindahkan, menganalisis, menyajikan, menyimpan dan menyampaikan informasi data menjadi sebuah informasi.
Untuk mencapai mutu pendidikan di era globalisasi sekarang ini, teknologi informasi dan komunikasi (ICT) merupakan media pendidikan yang paling interaktif. Ada lima perspektif yang bisa dilihat dalam peranan ICT dalam perannya sebagai media pembelajaran (Clark, 1996), yaitu.
- media sebagai teknologi
- media sebagai alat atau tutor atau guru
- media sebagai agen sosialisasi
- media sebagai motivator untuk belajar, dan
- media sebagai alat mental untuk berpikir dan memecahkan masalah
- ICT sebagai objek pembelajaran yang kebanyakan terorganisir sehingga apa yang dipelajari tergantung pada bentuk pendidikan dan level siswa. Pendidikan ini mempersiapkan siswa untuk menggunakan ICT dalam pendidikan, keterampilan masa depan dan dalam kehidupan sosial.
- ICT sebagai ”alat bantu (tool)”, yaitu digunakan sebagai alat, misalnya ketika membuat tugas-tugas, mengumpulkan data, dan dokumentasi dan melaksanakan penelitian. Umumnya ICT digunakan dalam memecahkan permasalahan secara independent.
- ICT sebagai medium proses pembelajaran, di mana guru dapat mengajar dan murid dapat belajar.
- Mendorong siswa belajar sendiri secara cepat, sehingga meningkatkan pengetahuan, belajar berinteraksi dan mengembangkan kemampuan di bidang penelitian.
- Siswa dapat lebih jelas memahami materi yang telah disampaikan oleh guru karena disertai gambar dan ada animasi yang menarik.
- Siswa dapat berlatih soal dengan memanfaatkan uji kompetensi.
- Dapat memperkaya diri siswa dalam meningkatkan komunikasi dengan siswa lain dan meningkatkan kepekaan akan permasalahan yang ada di seluruh dunia.
- Mengetahui dan mengikuti perkembangan materi dan info-info lain yang berhubungan dengan bidang studi.
- Membantu siswa dalam mempelajari materi secara individu selain di sekolah.
0 komentar:
Posting Komentar